Sabtu, 15 Februari 2014

Di Publikasikan Komentar Blog Tidak Muncul

Komentar Blog Tidak Muncul - Kemarin saya sudah menjelaskan mengenai awal permasalahan komentar blog yang tidak muncul ini yang saya temukan di blognya teman, dan sengaja saya tidak menyebutkan blognya siapa dan dari sanalah ide artikel tentang komentar blog ini muncul sampai ada 2 artikel yang saya tulis. Dan ini adalah artikel kedua atau artikel sambungan setelah artikel kemarin, jika Anda belum membaca artikel yang pertama, silahkan baca di Komentar Blog Tidak Muncul Setelah Di Publikasikan

Permasalahan komentar blog yang tidak muncul ini bukan karena permasalahan umum yang terjadi yaitu:
- Kolom komentar muncul dan ada
- Kolom komentar tidak muncul karena disembunyikan
- Kolom komentar tidak muncul karena di hapus
- Komentar tidak di moderasi
- Tidak ada captcha atau verifikasi kata dalam komentar
- Komentar langsung tampil


Bukan karena beberapa poin diatas tapi semua poin tersebut tetap ada, namun yang terjadi adalah ketika menuliskan komentar di blognya teman tersebut dan mempublikasikan dengan mengklik tombol Publikasikan, ternyata komentar yang kita tulis tidak muncul, padahal komentar tidak sedang dalam menunggu untuk moderasi

Mencari dan Memasang Template

Permasalahan ini menjadi unik karena saya harus menyelidiki permasalahan yang terjadi dengan tampilan komentar blog teman saya tersebut yang tidak tampil atau tidak muncul. Saya pun memulainya dengan mengetahui nama template dan pembuat template yang digunakan oleh blognya teman tersebut, Alhamdulillah nama template dan link pemiliknya belum di hapus dan dengan mudah saya langsung menuju ke link tersebut dan mengetikan nama template sesuai yang ada di templatenya teman tersebut

Setelah mendownload dan memasang template yang sama kedalam blog saya sendiri yang tidak aktif alias blog pribadi, saya pun mencari dan melakukan percobaan menemukan kode yang sekiranya tidak memunculkan komentar yang telah ditulis dan menghapus kode tersebut, dan melihat hasilnya langsung, apakah komentar yang saya tulis di blog saya tersebut muncul atau tidak tidak?? Alhamdulillah, kode yang saya hapus itu yang menjadi permasalahan kenapa saat saya berkomentar di blognya teman tersebut, komentar saya tidak muncul

Berikut penjelasannya...
Perhatikan gambar pertama berikut ini...

Komentar Blog Tidak Muncul

Pada gambar diatas, ada 2 gambar yang saya gunakan. Yang pertama adalah tampilan gambar artikel blog saya yang sudah ada komentarnya dan yang berkomentar saya sendiri :) Pada tampilan gambar tersebut, saya belum menghapus kode yang menampilkan komentar. Sehingga ketika saya menuliskan komentar langsung tampil

Namun, berbeda dengan gambar kedua yaitu permasalahan muncul ketika saya telah menghapus kode yang ada di template blog tersebut yaitu kode yang tidak memunculkan komentar blog

Perhatikan juga gambar berikut ini...

Komentar Blog Tidak Muncul

Sama dengan gambar yang diatas, saya melakukan uji coba dengan kode komentar, mana yang menyebabkan komentar di blog tidak muncul dan akhirnya saya bisa mengetahuinya...

Penyebab Komentar Blog Tidak Muncul

Setelah menginstal secara langsung template blog yang sama dengan template blog yang digunakan oleh teman saya tersebut, akhirnya saya menemukan kalau di template blognya teman tersebut tidak terpasang atau tidak ada kode berikut ini

    <div class='comments-content'>
      <b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
        <b:include data='post' name='threaded_comment_js'/>
      </b:if>
      <div id='comment-holder'>
         <data:post.commentHtml/>
      </div>
    </div>

Kode <div class='comments-content'> tersebut berada di element <b:includable id='threaded_comments' var='post'> atau lebih lengkapnya seperti berikut ini

<b:includable id='threaded_comments' var='post'>
  <div class='comments' id='comments'>
    <a name='comments'/>
    <h4>
      <b:if cond='data:post.numComments == 1'>
        1 <data:commentLabel/>:
      <b:else/>
        <data:post.numComments/> <data:commentLabelPlural/>:
      </b:if>
    </h4>
    <div class='comments-content'>
      <b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
        <b:include data='post' name='threaded_comment_js'/>
      </b:if>
      <div id='comment-holder'>
         <data:post.commentHtml/>
      </div>
    </div>
    <p class='comment-footer'>
      <b:if cond='data:post.allowNewComments'>
        <b:include data='post' name='threaded-comment-form'/>
      <b:else/>
        <data:post.noNewCommentsText/>
      </b:if>
    </p>
    <b:if cond='data:showCmtPopup'>
      <div id='comment-popup'>
        <iframe allowtransparency='true' frameborder='0' id='comment-actions' name='comment-actions' scrolling='no'>
        </iframe>
      </div>
    </b:if>
    <div id='backlinks-container'>
    <div expr:id='data:widget.instanceId + &quot;_backlinks-container&quot;'>
       <b:if cond='data:post.showBacklinks'>
         <b:include data='post' name='backlinks'/>
       </b:if>
    </div>
    </div>
  </div>
</b:includable>

Ternyata permasalahannya tidak serumit yang kita kira karena hanya sedikit kode saja yang tidak terpasang pada template blog akan menyebabkan tampilan blog kurang nyaman dan menjadi aneh untuk dilihat

Okey, terimakasih telah membaca artikel sambungan ini, semoga memberikan manfaat. Jika ada yang mau didiskusikan silahkan tinggalakn komentar Anda untuk artikel blog ini, Di Publikasikan Komentar Blog Tidak Muncul

Di Publikasikan Komentar Blog Tidak Muncul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ana Sriwahyuni

26 komentar:

  1. semoga artikel ini bisa memberikan solusi buat teman-teman semuanya mas, terimakasih atas komentarnya :)

    BalasHapus
  2. sip ini menambah wawasan untuk saya mbak .. saya simpan dulu buat jaga-jaga ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas Nucky, terimakasih atas kunjungan serta komentarnya..

      Hapus
  3. ini diletakkan nya disebelah mana nya yah ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. diatas sudah saya jelaskan mas :)

      Hapus
    2. apanya yang sudah dijelaskan diatas mba ?, bahwa div class='comments-content' seharusnya ada dalam threadedcomment apa gmana ?

      redaksi 1: tidak terdapat div class='comments-content' bla bla,..
      redaksi 2: div class='comments-content' bla bla terdapat pada threadedcomment, nah trus ??

      apa maksudnya kode div class='comments-content' bla bla,.. SEHARUSNYA berada didalam threadedcomment, apa gmana ?

      mohon penjelasannya

      Hapus
    3. yang saya jelaskan diatas adalah penambahan kode :
      <div class='comments-content'>

      </div>

      yang memang tidak ada didalam :
      <b:includable id='threaded_comments' var='post'>

      yang menyebabkan komentar tidak muncul

      Hapus
  4. Ikiut Share Aja mbak.. saya mengalami hal serupa.. tapi permasalahannya bukan itu..
    Permasalahnya adalah ketika kita mengklik Gunakan Google+ Komentar di blog ini ?
    komentar tidak muncul, entah pengaturanya dimana saya tidak tau, saya hilangkan centang pada Gunakan Google+ Komentar di blog ini ? Akhirnya muncul juga commentar yg ada.
    Referensi saya adalah di forum product google.. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika komentar google plus tidak muncul mungkin template yang digunakan perlu di update mas khususnya dibagian komentar..

      coba ikuti cara berikut ini:

      cari kode <div class='comments' id='comments'>
      ganti dengan kode berikut ini
      <div class='comments' id='comments'>
      <div class='cmt_iframe_holder' expr:data-href='data:post.canonicalUrl' expr:data-viewtype='data:post.viewType'/>

      jika belum bisa, cari kode berikut ini
      <b:include data='post' name='post'/>
      <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
      <b:include data='post' name='comments'/>
      </b:if>
      <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
      <b:include data='post' name='comments'/>
      </b:if>

      dan ganti dengan kode ini:
      <b:include data='post' name='post'/>
      <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
      <b:include data='post' name='comment_picker'/>
      </b:if>
      <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
      <b:include data='post' name='comment_picker'/>
      </b:if>

      semoga berhasil :)

      Hapus
  5. wah, sangat membantu sekali mbak,, terima kasih.. salam kenal ya... :-)

    BalasHapus
  6. mohon bantuanya saya blum brhasil

    BalasHapus
  7. Terima kasih, ini yang saya cari :)

    BalasHapus
  8. ane sejak awal comment kaga bs muncul mbak, kayanya bukan dari template
    karena code yang di ceritakan missing di atas confirmed ada di template, salah apalagi ya mbak :D ane pake template mxfluity skrg.. awalnya ga tau cuma saat pengen masang komen fb di blog ga bisa2, ada bbrp cara yang ane ikutin tetap ga bisa .. ane curiga jgn2 ini yg jadi penyebab, masukan dong mbak dan sobat blogger semua .. ane masih lucu dan lugu neh soal blogging apalagi coding :)

    Thanks sebelumnya ini alamat blog ane discoversumatra.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik mas David, saya sudah berkomentar di blognya dan memang tidak muncul
      nanti akan saya cari tahu penyebabnya ya.. :)

      Hapus
    2. oya, apakah mas David sudah menerapkan beberapa pengaturan yang dijelaskan oleh pembuat template MXfulity tersebut? sepertinya diartikelnya ada tambahan untuk pengaturan komentarnya

      Hapus
  9. saya bingung ko blog saya sudah saya otak/i dan saya ikutin cara di atas tapi tetap saja tidak bisa sama skali komentar , klik komentarnya pun tidak muncul apa2 , itu penyebabnya apa ya ? dimohon sekali cepat membalasnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lihat tidak ada dengan komentar blognya mbak Sarah
      kalau tab view yang difungsikan pada 2 komentar (blogger & google+) yang ada di blognya, kemungkinan masalahnya ada di script mbak

      Hapus
  10. Untuk masalah kami bisa dibantu nggak mbak? kami udah utak-atik juga seperti arahan mbak tapi tetap saja nggak muncul komentarnya...Thank's sebelumnya. Salam blogger......

    BalasHapus
  11. Udah saya coba ubah full copast dengan script punya mbak , kok masih belum bisaya mbak , tolong di cek mbak , makasih banyak mbak.

    BalasHapus
  12. seperti ini masalah yang rumit, saya mencoba cara diatas pun tidak bisa,,,

    BalasHapus
  13. mengesankan,, haturnuhun

    salam blogger

    BalasHapus
  14. maaf tidak jadi hehe masalah solved :)

    BalasHapus
  15. Udah aku coba cara diatas dan nggak berhasil -_- udah terlanjur ganti template, dan ngatur semuanya eh baru liat kalo komentar gak bisa muncul
    mohon bantuannya dong, gak admin gk papa yg penting bisa selesai ini masalah

    BalasHapus
  16. Terimakasih banyakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk bangt,,, sangat membantu,,, percobaan terakhir work pada:
    jika belum bisa, cari kode berikut ini








    dan ganti dengan kode ini:








    semoga teman-teman yang lain juga sama amin,,

    BalasHapus

Demi kenyamanan bersama, tidak boleh memasang link dalam bentuk apapun, komentar yang berisi link tidak akan diterbitkan
Terimakasih

Direktori

direktori weblogger
Direktori WeBlog Indonesia