Facebook Membatasi Posting Status Promosi? Sosial media seperti facebook merupakan sarana yang tepat untuk melakukan promosi karena facebook memiliki pengguna yang banyak bahkan Indonesia sendiri merupakan urutan ke 3 terbesar yang menggunakan facebook. Jika kita memiliki akun di facebook dan mempunyai banyak teman, misalkan 5000 teman, bayangkan jika kita membuat status promosi di facebook untuk situs bisnis yang kita miliki, bukan tidak mungkin trafik melimpah akan datang sebanding dengan teman yang ada di facebook bahkan mungkin bisa lebih
Baca juga Cara mendatangkan traffik dari facebook
Dan bagaimana caranya membuat status posting promosi di facebook untuk bisnis online kita atau untuk status-status yang lainnya? Ada banyak cara dan salah satunya adalah membuat status promosi sebanyak mungkin di wall-facebook Anda dengan harapan agar banyak yang membaca status tersebut atau melakukan klik terhadap status tersebut jika terdapat link promosinya dan harapan terakhir banyak yang order dengan promo yang Anda lakukan tersebut. Betulkah begitu caranya? Salah! Salah besar jika Anda melakukan promosi seperti itu, saya yakin status seperti akan dianggap sebagai status yang mengganggu pengguna lainnya atau mengganggu teman Anda dan bisa-bisa akun Anda akan di blokir oleh teman Anda sendiri! :)
Pengalaman saya, seluruh artikel blog ini saya update secara otomatis ke facebook dan hasilnya 2.3% trafik berasal dari facebook setelah saya melakukan perubahan dan selebihnya berasal dari search engine google.co.id sebanyak 7.0%, google.com 35.4% dan sisa dari media lainnya. Kenapa trafik ini 2.3% dari facebook?
Baca juga Otomatis menampilkan artikel blog ke facebook
Bukan hanya teman yang akan memblokir status promosi Anda, facebook sendiri akan melakukan pemblokiran terhadap status Anda yang mengandung kalimat promosi. Status promosi yang Anda pasang di facebook secara membabi buta atau pun menggunakan auto-posting ke facebook atau selalu melakukan regenerate posting di facebook tidak menjamin trafik melimpahkan akan datang ke situs bisnis Anda atau pun kedalam blog Anda. Apalagi apa yang kita bagikan di facebook hanya menjangkau 3% - 6% dari jumlah teman atau fans page yang kita miliki, jadi tidak perlu melakukan promo secara berlebihan di facebook jika promo yang Anda lakukan hanya mengganggu pengguna facebook yang lainnya apalagi tahun depan, thaun 2015 facebook akan membatasi posting status promosi karena banyaknya pengguna yang telah melakukan komplain terhadap status yang ada di news feed mereka, meskipun awalnya news feed yang mereka dapatkan sebagai dari pengguan fitur follow yang ada di facebook yaitu mengikuti suatu profil dari orang perorangan atau pun kelompok, baik di status atau pun fans page. Padahal mereka mengikuti sebuah status dari suatu profil di facebook hanya ingin melihat sharing dan cerita, bukan berganti status promosi, apalagi berlebihan
Dengan adanya pembatasan pada news feed yang dibagikan baik secara otomatis atau pun manual yang ada di fans page atau status, lebih baik mulai sekarang ganti atau rubahlah cara penggunaan news feed tersebut, jangan dalam bentuk kalimat promosi tapi gunakan kalimat dalam bentu narasi yang setidaknya bisa membuat pengguna facebook menjadi penasaran untuk mengetahui lebih lanjut dari status tersebut
Lalu apakah facebook akan membatasi semua status dalam bentuk promosi tersebut?
Menurut Kim Garst di blognya, ada beberapa status yang dianggap sebagai status promosi yaitu:
Dan bagaimana agar facebook tidak membatasi status promosi yang ikta bagikan?
Agar status promosi yang kita bagikan di facebook tetap mendapatkan respon yang baik dari pengguna lainnya dan tidak di blokir oleh facebook maka gunakan cara yang lebih baik yang lebih Human-friendly jangan menggunakan status yang bersifat Spammer-friendly. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar status promosi yang dibagikan tetap tampil di halaman facebook Anda atau teman-teman Anda semua
Dengan melakukan ketiga cara diatas, Anda bisa melakukan update status sampai 5-6x sehari untuk mendapatkan banyak interaksi karena mereka akan menganggap status seperti itu adalah status yang human-friendly yang sangat menarik untuk baca dan diketahui. Ingat facebook adalah ladang kustomer atau pelanggan yang melimpah jika kita benar-benar mengetahui caranya :) dan tentunya dengan adanya status tersebut, facebook tidak akan membatasi posting status promosi kita
Baca juga Cara mendatangkan traffik dari facebook
Dan bagaimana caranya membuat status posting promosi di facebook untuk bisnis online kita atau untuk status-status yang lainnya? Ada banyak cara dan salah satunya adalah membuat status promosi sebanyak mungkin di wall-facebook Anda dengan harapan agar banyak yang membaca status tersebut atau melakukan klik terhadap status tersebut jika terdapat link promosinya dan harapan terakhir banyak yang order dengan promo yang Anda lakukan tersebut. Betulkah begitu caranya? Salah! Salah besar jika Anda melakukan promosi seperti itu, saya yakin status seperti akan dianggap sebagai status yang mengganggu pengguna lainnya atau mengganggu teman Anda dan bisa-bisa akun Anda akan di blokir oleh teman Anda sendiri! :)
Pengalaman saya, seluruh artikel blog ini saya update secara otomatis ke facebook dan hasilnya 2.3% trafik berasal dari facebook setelah saya melakukan perubahan dan selebihnya berasal dari search engine google.co.id sebanyak 7.0%, google.com 35.4% dan sisa dari media lainnya. Kenapa trafik ini 2.3% dari facebook?
Baca juga Otomatis menampilkan artikel blog ke facebook
Bukan hanya teman yang akan memblokir status promosi Anda, facebook sendiri akan melakukan pemblokiran terhadap status Anda yang mengandung kalimat promosi. Status promosi yang Anda pasang di facebook secara membabi buta atau pun menggunakan auto-posting ke facebook atau selalu melakukan regenerate posting di facebook tidak menjamin trafik melimpahkan akan datang ke situs bisnis Anda atau pun kedalam blog Anda. Apalagi apa yang kita bagikan di facebook hanya menjangkau 3% - 6% dari jumlah teman atau fans page yang kita miliki, jadi tidak perlu melakukan promo secara berlebihan di facebook jika promo yang Anda lakukan hanya mengganggu pengguna facebook yang lainnya apalagi tahun depan, thaun 2015 facebook akan membatasi posting status promosi karena banyaknya pengguna yang telah melakukan komplain terhadap status yang ada di news feed mereka, meskipun awalnya news feed yang mereka dapatkan sebagai dari pengguan fitur follow yang ada di facebook yaitu mengikuti suatu profil dari orang perorangan atau pun kelompok, baik di status atau pun fans page. Padahal mereka mengikuti sebuah status dari suatu profil di facebook hanya ingin melihat sharing dan cerita, bukan berganti status promosi, apalagi berlebihan
Dengan adanya pembatasan pada news feed yang dibagikan baik secara otomatis atau pun manual yang ada di fans page atau status, lebih baik mulai sekarang ganti atau rubahlah cara penggunaan news feed tersebut, jangan dalam bentuk kalimat promosi tapi gunakan kalimat dalam bentu narasi yang setidaknya bisa membuat pengguna facebook menjadi penasaran untuk mengetahui lebih lanjut dari status tersebut
Lalu apakah facebook akan membatasi semua status dalam bentuk promosi tersebut?
Menurut Kim Garst di blognya, ada beberapa status yang dianggap sebagai status promosi yaitu:
- Status yang sifatnya mengajak orang untuk beli produk atau install aplikasi. Ini adalah jenis posting yang langsung mengajak orang untuk beli sesuatu misalnya ajakan Klik Disini untuk Beli Sekarang !
- Status yang sifatnya memaksa orang untuk ikut promosi atau kontes yang tidak jelas aturannya
- Status yang dibuat sama persis dengan status hasil iklan di Facebook Ads. Kalau misalnya anda sudah membuat iklan dengan Facebook ads, jangan lakukan copy paste konten yang anda iklankan ke dalam status Anda
Dan bagaimana agar facebook tidak membatasi status promosi yang ikta bagikan?
Agar status promosi yang kita bagikan di facebook tetap mendapatkan respon yang baik dari pengguna lainnya dan tidak di blokir oleh facebook maka gunakan cara yang lebih baik yang lebih Human-friendly jangan menggunakan status yang bersifat Spammer-friendly. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar status promosi yang dibagikan tetap tampil di halaman facebook Anda atau teman-teman Anda semua
- Gunakan Beberapa Konteks dalam membuat Posting promosi
Seperti yang telah saya jelaskan diatas, jika ingin membuat status promosi, gunakan konten narasi yang baik yang bisa membuat pengguna facebook yang lainnya tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut
Perhatikan 2 contoh status berikut ini:
"Klik link dibawah ini untuk mengetahui rahasia mendapatkan uang di facebook. Rahasia ini terbatas hanya untuk 100 orang dan hanya 100ribu, beli sekarang juga !!"
Atau
"Sebagai seorang pembuat template Blog, saya membutuhkan waktu hampir 3 hari hanya untuk membuat sebuah template blog yang baik, responsive dan SEO friendly, dan sekarang berdasarkan pengalaman yang saya miliki saya berhasil menyusun sebuah langkah demi langkah untuk membantu para blogger cara membuat template blog secara lebih cepat hanya dalam waktu kurang dari 1 jam…"
Dari kedua contoh diatas, manakah yang sesuai dengan aturan baru dari facebook? Tentu no 2 karena jika didalam ilmu bisnis online, cara yang nomer 2 tersebut didebut sebagai Strategi soft selling yaitu menggunakan promosi secara narasi dengan konteks yang lebih jelas - Gunakan status untuk mengarahkan pengunjung ke website anda, baru kemudian diarahkan untuk menjadi List Anda
Sama seperti pada poin pertama, tapi pada poin kedua ini hanya untuk menangkap data pengguna untuk dijadikan list member bisnis Anda selanjutnya dengan list tersebut, Anda bisa melakukan promosi. Biasanya untuk mendapatkan list member ini menggunakan strategi bonus to member (yang ahli internet maketing pasti tahu rahasianya...) - Lakukan update status yang tidak bersifat promosi sesering mungkin untuk membangun hubungan dengan teman atau fans Anda
Saya yakin di wall-facebook Anda terdapat status dari teman yang hanya berisi status promosi saja dan hal ini tentu akan sangat mengganggu Anda. Bagaimana jika status itu milik Anda? Pasti teman Anda akan merasa terganggu dengan status promosi tersebut. Nah jika Anda benar-benar niat untuk jualan di facebook, jangan gunakan status promosi secara berlebihan. Bagikan juga status-status yang lainnya yang lebih bermanfaat bagi semuanya. Misalnya status yang berupa motivasi, inspirasi, humor, pertanyaan dan apapun yang tidak bersifat promosi
Dengan melakukan ketiga cara diatas, Anda bisa melakukan update status sampai 5-6x sehari untuk mendapatkan banyak interaksi karena mereka akan menganggap status seperti itu adalah status yang human-friendly yang sangat menarik untuk baca dan diketahui. Ingat facebook adalah ladang kustomer atau pelanggan yang melimpah jika kita benar-benar mengetahui caranya :) dan tentunya dengan adanya status tersebut, facebook tidak akan membatasi posting status promosi kita
Saya setuju mbak. Hadehh... saya sering lihat teman saya di facebook selalu promosi...
BalasHapuskira kiranya jika masih ada pihak yang masih melanggar kebijakan pada facebook tindakan apa yang akan di jatuhkanya ya mbak ana? soalnya saya suka share artikel saya di facebook dan itu termasuk dalam katagori promosi juga gak sih mbak ana..?
Hapussalam sore mbak ana. wah berita baru yang saya baca dan tau dari artikelnya mbak ana ini. berarti sekarang atau tepatnya 2015 facebook tidak bebas kaya tahun 2014 dan sebelumnya ya mbak makasih atas info dan beritanya (*salam santun buat mbak ana)
BalasHapusbagus deh kalau begitu, jadi nya halaman fb tidak penuh sama status iklan, soalnya kesel juga mau baca status teman malah nemu nya iklan mulu :D
BalasHapusSalam sore Mbak Ana. tips ini bisa memberi tahu buat kita semua yang suka promosi dalam halaman facebook ya Mbak terima kasih atas infonya :)
BalasHapusSip, mendukung sekali dengan kebijakan baru FB, selama ini promosi selalu bebas berkliaran di dinding fb saya mas hehehehe
BalasHapushal ini berguna untuk mengurangi spam yang terjadi di facebook :D
BalasHapusdenger2 katanya kita harus bayar dulu jika promosi kita ingin tampil di feed pembaca mbak..
BalasHapusSaya bahkan hampir tidak pernah buka Facebook mbak, niatnya sich mau promosi blog, tapi temannya cuma 26 hehe. Jadinya ya profil fb nya buat pajangan saja di blog, siapa tahu nanti ada pengunjung blog yang bersedia jadi teman saya.
BalasHapusSekarang sudah jarang buka facebook, adanya malah buka fanspage untuk promosi heheh
BalasHapus