Selasa, 15 September 2015

Cara Mendapatkan dan Mengelola Proyek Pembuatan Website

MENGELOLA PROYEK PEMBUATAN WEBSITE

Pembuatan website untuk tujuan komersial atau untuk dijual, baik penjualan langsung atau berupa proyek pembuatan website yang dipesan konsumen tertentu yang melibatkan interaksi dan komunikasi antara pihak pembuat web dan konsumen sangat memungkinkan untuk dilakukan. Saat ini kebutuhan website bagi perusahaan atau perorangan yang membutuhkan layanan online masih sangat tinggi terbukti dengan banyaknya penjualan domain di situs pelelangan domain setiap harinya menunjukkan angka yang besar menunjukkan kebutuhan domain sebagai ‘lahan’ tempat berdirinya website  atau toko online masih sangat tinggi.

Banyak pengguna website atau orang-orang yang ingin memiliki website tidak tahu cara pembuatan webdesain dan lainnya, sehingga mereka mencari website yang menyediakan jasa pembuatan website untuk mereka baik website sederhana ataupun website yang cukup kompleks. Pembuatan website yang cukup kompleks seperti yang digunakan untuk instansi-instansi atau perusahaan besar biasanya di tuangkan dalam bentuk proyek dengan anggaran yang cukup lumayan, sesuai dengan tingkat kerumitannya karena menyangkut segala aspek perusahaan beserta produk-produknya yang mungkin sangat banyak atau beragam.

Saat ini dengan perkembangan teknologi internet online banyak instansi memberlakukan sistem administrasi online baik instansi pemerintahan maupun institusi pendidikan. Banyak universitas yang telah menyelenggarakan sistem administrasi online dari mulai pendaftara masuk perguruan tinggi, sistem pembayaran, sistem pengambilan mata kuliah atau kredit semester sampai ujian dan penayangan hasil ujian dilakukan secara online, hal ini ke depan merupakan prospek yang baik untuk penyedia layanan jasa pembuatan wbsite karena contohnya unversitas yang belum menyelenggarakan sistem administrasi online ada kemungkinan akan mengikuti universitas lain yang lebih terdepan di bidang IT tersebut. Belum lagi pada dinas atau instansi pemerintah setingkat kecamatan telah menyelenggarakan sistem administrasi online yang akan menjadi prospek terutama untuk maintenance website.

Cara atau tips untuk mendapatkan proyek pembuatan website atau pengelolaan proyek dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Lakukanlah promosi Anda lewat orang-orang terdekat Anda melalui penyampaian informasi pengalaman Anda dibidang pembuatan web desain atau web developer. Anda dapat menyampaikan informasi tentang pembuatan website kepada sanak saudara, tetangga dan masyarakat sekitar Anda, rekan bisnis, teman Anda dan relasi-relasi Anda yang lainnya. Penyampaian informasi dari mulut ke mulut ini yang menegaskan bahwa Anda seorang ahli membuat website pada akhirnya akan sampai kepada oarang-orang yang membutuhkan jasa pembuatan website.

2. Tahap selanjutnya Anda bisa membuat brosur berisi jasa Anda dalam bidang pembuatan web serta promosi-promosi yang Anda tawarkan lalu Anda sebarkan beserta kartu nama Anda.

3. Proyek pembuatan website untuk perusahaan atau instansi terkait yang membutuhkan pembuatan atau pengelolaan website dilakukan dengan proposal didahului surat pernawaran berisi jasa yang ditawarkan lengkap dengan harga-harganya. Kalau untuk proyek besar biasanya harga menyusul atau tidak dicantumkan pada surat penawaran tapi pada lembar terpisah yang hanya diperuntukkan untuk kepala proyek, kepala panitia proyek atau bagian keuangan untuk penghitungan anggaran yang ditawarkan disesuaikan dengan anggaran yang ada, biasanya akan dilakukan negosiasi kalau mereka sudah setuju untuk membuat web menggunakan jasa Anda.

4. Langkah awal proyek pembuatan website biasanya dilakukan setelah anda mengirimkan surat penawaran dapat disertai brosur sepintas. Lalu Anda dapat bertemu pejabat terkait untuk membicarakannya lebih rinci disertai proposal project lengkap dengan anggaran yang ditawarkan. Dalam tahapan pertemuan ini mencakup presentasi tentang jasa yang Anda tawarkan, Anda bisa menggandeng teman Anda yang mahir dalam presentasi, karena presentasi yang baik memuluskan jalan untuk berhasilnya penawaran Anda.

5. Untuk memperluas promosi Anda, Anda dapat mempromosikannya lebih lanjur pada media online, media sosial online, group yang didalamnya berisi orang-orang berpebgaruh dalam perusahaan atau instansi yang menjadi target market Anda. Anda dapat memperluas promosi dengan iklan media cetak, iklan baris internet dan lainnya.

Cara Mendapatkan dan Mengelola Proyek Pembuatan Website Rating: 4.5 Diposkan Oleh: tes

0 komentar:

Posting Komentar

Demi kenyamanan bersama, tidak boleh memasang link dalam bentuk apapun, komentar yang berisi link tidak akan diterbitkan
Terimakasih

Direktori

direktori weblogger
Direktori WeBlog Indonesia