Sabtu, 12 September 2015

Gambaran Web Desain Untuk Pemula

GAMBARAN WEB DESAIN UNTUK PEMULA


Saat ini istilah wesite sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga Anda, banyak orang baik perorangan maupun suatu lembaga membuat website untuk keperluan yang berbeda-beda, baik untuk menyampaikan informasi kepada pengguna internet seperti informasi tentang penemuan suatu produk, berita, atau menyebarluaskan ilmu pengetahuan, maupun sebagai sarana menjual produk seperti ‘toko’ untuk menayangkan informasi produk dengan keterangan dan gambarnya untuk kemudahan konsumen yang sering disebut ‘toko online’.

Kalau Anda melihat tampilan sebuah website dan ingin membuat atau mempunyai sebuah website untuk kebutuhan tertentu Anda harus mengetahui gambaran yang menyeluruh tentang website tersebut. Selanjutnya Anda harus memahami apa saja yang harus dipersiapkan dan langkah-langkah untuk membuat sebuah website sampai akahirnya jadi dan dapat Anda gunakan. Baik Anda gunakan untuk kebutuhan ‘aktualisasi diri’, sosial, maupun Anja jadikan ‘mesin uang’ Anda untuk meraih pasive income Anda.

Web desain merupakan pengetahuan yang menyeluruh dalam membuat suatu rencana dan produksi website dengan tahapan tertentu termasuk yang menyangkut teknik-teknik pembangunan web, struktur informasinya, desainnya dan cara penyampaian informasi di jaringan internet.

Bila Anda membuat website yang sederhana atau standar seperti untuk kebutuhan blog atau toko online sederhana yang menjual satu atau beberapa produk, dapat dibuat sendiri atau dibuatkan orang lain yang sudah mahir. Bila web yang akan Anda buat mempunyai isi (konten) yang sangat lengkap biasanya untuk keperluan pembuatan ‘portal’ membutuhkan beberapa orang yang terbentuk dalam sebuah tim yang suka disebut ‘Web developer’.

Pembanguan sebuah web terutama web besar atau kompleks dilakukan oleh beberapa bidang khusus yang dipisah-pisah agar fokus pada bidang garapannya dan akhirnya nanti disatukan atau diintegrasikan secara menyeluruh menjadi sebuah web yang besar. Bidang-bidang yang berhubungan dengan pembuatan sebuah web diantaranya;

1. Web desainer, bertugas menyusun sebuah web agar nyaman dipakai termasuk item-item yang dibutuhkan dan penempatan tampilan web agar menarik yang secara keseluruhan berdampak pada kenyamanan pengunjung web Anda.

2. Web programmer, bertugas menyusun web dari segi teknik interaksi seperti yang berhubungan dengan data base, input dan output data, dan berhubungan dengan proses transaksi serta hal teknis lainnya.

3. Web administrator, bertugas memasang sistem operasi pada server, proses instal, terutama yang berhubungan dengan jaringan (LAN) dan sistem keamanan web, serta menyangkut troubleshooting.

4. Web master, bertugas memelihara web agar senantiasa beroperasi tanpa kendala-kendala yang berarti.

Keempat bidang ini disatukan dan akan menghasilkan kinerja situs web yang baik dan terintegrasi khususnya website besar dengan konten yang lengkap seperti sebuah portal atau toko online yang menjual beragam produk (multi produk) mungkin ratusan produk dengan pengelompokan yang banyak seperti kelompok produk elektronik didalamnya berisi ratusan item produk yang dijual, kelompok produk pakaian yang berisi item yang banyak pula dan lainnya, serta berhubungan dengan sistem transaksi antar bank seperti kode akses unik untuk transaksi menggunakankartu kredit.

Seorang web desainer harus menguasai beberapa hal yang menyangkut; imajinasi dan unsur seni yang dituangkan kedalam halaman web agar menarik diantaranya dari segi warna yang serasi, skstsa web yang unik, penempatan komponen multimedia sehingga web lebih hidup dan interaktif. Selain itu seorang desainer web harus menguasai tool perancangan web untuk mengatur layout seperti Ms. Front page, Macromedia Dreamweaver, Page Maker dan lainnya, membuat animasi web seperti program Macromedia Flash, Macromedia Director dan lainnya dan membuat desain grafis seperti Adobe photoshop, AutoCad, CoerlDraw, Adobe Illustrator dan lainnya, dan harus menguasai pembuatan interface web agar proses interaksi antara web dengan pengguna menjadi lebih mudah terutama ketika digunakan oleh pengunjung web agar memperoleh nilai tambah yang tinggi pada web Anda.



Gambaran Web Desain Untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: tes

0 komentar:

Posting Komentar

Demi kenyamanan bersama, tidak boleh memasang link dalam bentuk apapun, komentar yang berisi link tidak akan diterbitkan
Terimakasih

Direktori

direktori weblogger
Direktori WeBlog Indonesia