Minggu, 06 September 2015

Tahapan Persiapan Membuat Website Untuk Pemula

Tahapan Persiapan Membuat Website Untuk Pemula


Dalam membuat sebuah website yang unik diperlukan langkah-langkah pembuatan yang terstruktur dari mulai perencanaan, pembuatan desain sampai implementasi dan penempatan situs terhubung dengan internet. Sebelum membuat website diperlukan serangkaian persiapan diantaranya untuk menentukan tujuan apakah website akan digunakan sebagai web bisnis, web berita atau web yang bersifat sosial dan berhubungan dengan ilmu pengetahuan. 

Tema yang lebih spesifik dan membidik hal yang lebih khusus seperti web bisnis atau toko online satu produk atau multi produk yang dijual. Tema yang dipilih akan mempengaruhi keseluruhan tampilan dan atribut web, seperti tampilan toko online yang menjual satu produk akan berbeda dengan tampilan dan atribut toko online yang menjual beberapa produk atau multi produk. 

Toko online multi produk akan membutuhkan tampilan dengan gambar relatif lebih kecil untuk bisa menampung banyak item dalam satu halaman web dan atribut seperti mesin pencarian dan link transaksi ke beberapa bank yang diperlukan terutama untuk konsumen yang menggunakan kartu kredit sebagai sistem pembayaran atau perusahaan pengiriman barang misalnya akan sangat dibutuhkan. Dimana biasanya konsumen akan menanyakan barang yang dikirim sudah nyampe mana, untuk memudahkan pelayanan seperti ini harus terhubung secara online dengan perusahaan pengiriman barang agar didapat informasi yang cepat dan akurat untuk kepuasan konsumen.

Setelah menentukan tujuan dan tema untuk sebuah website yang akan dibangun, Anda dapat menentukan jenis web berdasarkan jenis konten atau isi web, apakah kontennya statis (tetap) tidak berubah-ubah atau dinamis yang isinya dapat diubah setiap saat dicirikan dengan adanya database yang dibutuhkan untuk menyimpan banyak data. Web dengan konten yang statis dapat didesain secara artistik dan menarik karena tampilan bersifat tetap dan tidak berubah-ubah, sedangkan web dinamis sering berubah tampilan dan dapat dilakukan dengan mudah, web jenis ini sangat cocok untuk dipakai sebagai toko online yang multiproduk yang setiap saat berganti tampilan tergantung jenis produk yang ditayangkan.

Tahap berikutnya Anda dapat memilih database server yang digunakan, sebaiknya memilih database server yang sudah banyak digunakan dan yang terpenting dalam menyimpan data telah terbukti handal karena ada kalanya data yang disimpan memerlukan keamanan khusus seperti data id antar bank untuk digunakan pada transaksi dengan konsumen pengguna kartu kredit, dimana nomor rekening konsumen dan lainnya yang bersifat rahasia memerlukan keamanan khusus oleh karena itu harus digunakan database server yang menunjang.

Setelah database server, Anda dapat segera membuat database management system yaitu Anda membuat skema database. Anda dapat membuat tabel, berbagai field serta berbagai interaksi yang berhubungan.

Sekarang Anda dapat mengumpulkan isi web yang akan Anda tampilkan nantinya sehingga dapat ditentukan berapa halaman yang dibutuhkan untuk menampilkan isi. Sekaligus Anda dapat menentukan fasilitas lain yang dibutuhkan seperti buku tamu, login pengguna, polling, downlod data, update dan lainnya.

Fasilitas atau kebutuhan sistem lainnya juga dapat segera Anda  tentukan, seperti menentukan bahasa scripting, video, animasi, suara, dan tool-tool lain yang digunakan membangun situs web terutama untuk mendukung isi web dan fungsi-fungsi yang akan digunakan.

Setelah seluruh langkah persiapan ini lengkap, Anda dapat mulai menyusu desain web berdaasrkan tahapannya dan pada akhirnya dapat diimplementasikan dengan integrasi sistem di internet dilanjutkan dengan penempatan situs website di internet dan akhirnya tersambung (online). Setelah itu Anda dapat meng-upload berbagai informasi yang akan Anda tampilkan, dan memelihara serta menjalankan situs agar banyak dikunjungi pengunjung dan untuk kebetuhan tertentu Anda dapat meningkatkan trafik situs web Anda.



Tahapan Persiapan Membuat Website Untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: tes

0 komentar:

Posting Komentar

Demi kenyamanan bersama, tidak boleh memasang link dalam bentuk apapun, komentar yang berisi link tidak akan diterbitkan
Terimakasih

Direktori

direktori weblogger
Direktori WeBlog Indonesia