Selasa, 01 Januari 2013

Cara Membuat & Menampilkan Rating Bintang Di Google

Cara Membuat & Menampilkan Rating Bintang Di Google merupakan salah satu cara untuk menampilkan banyaknya review terhadap blog atau artikel blog yang berguna dalam optimasi SEO agar blog atau artikel blog mendapatkan posisi yang baik di SERP karena banyaknya view page atau halaman yang tampil. Selain itu, dengan menerapkan cara membuat & menampilkan rating bintang di Google, juga akan menjadi daya tarik tersendiri dan meningkatkan nilai klik karena adanya tampilan rating bintang untuk artikel blog di search engine seperti tampilan gambar berikut ini

Cara Membuat & Menampilkan Rating Bintang Di Google

Berikut Cara Membuat & Menampilkan Rating Bintang Di Google
  1. Anda harus punya akun di Google Plus terlebih dahulu, jika belum silahkan klik https://plus.google.com/
  2. Masuk ke akun blogger anda. Pilih dan klik Template >> Edit Html >> Lanjutkan >> centang Expand Template Widget >> tekan Ctrl + F di keyboard.
  3. Cari kode <head>
    • Tempatkan kode <link href='https://plus.google.com/113748039543292949277' rel='author'/> tepat dibawah kode <head>.
      Sebelumnya, 113748039543292949277 merupakan ID dari akun Google Plus saya, silahkan ganti dengan ID Google Plus anda.
    • Simpan temlate.
  4. Cari kode <body>
    • Tempatkan kode berikut tepat dibawah kode <body>
      <div>
      <div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>

    • Cari kode </body>
    • Tempatkan kode </div></div> tepat diatas kode </body>
    • Simpan template.
  5. Cari kode post-title entry-title dengan hasil pencarian seperti berikut
    <h3 class='post-title entry-title'><b:if cond='data:post.link'>
    <a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
    <b:else/>
    <b:if cond='data:post.url'>
    <a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
    <b:else/>
    <data:post.title/>
    </b:if>
    </b:if>
    </h3>
    </b:if>

    • Tempatkan kode <span itemprop='itemreviewed'><span itemprop='description'> dan </span></span> diantara kode post-title entry-title
    • Hasilnya akan seperti ini
      <span itemprop='itemreviewed'><span itemprop='description'>
      <h3 class='post-title entry-title '><b:if cond='data:post.link'>
      <a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
      <b:else/>
      <b:if cond='data:post.url'>
      <a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
      <b:else/>
      <data:post.title/>
      </b:if>
      </b:if>
      </h3>

      </span></span>
      </b:if>
    • Simpan template.
  6. Cari kode <data:post.body/> atau <p><data:post.body/></p>
    • Tempatkan kode berikut tepat dibawah kode <data:post.body/> atau <p><data:post.body/></p> atau diantara elemen-elemen (Artikel terkait, sosial bookmark, dll)
      Description: <span itemprop="description"><data:post.title></data:post.title></span>
      Rating: <span itemprop="rating">3.5</span>
      Reviewer: <span itemprop="reviewer"><data:post.author></data:post.author></span>
      ItemReviewed: <span itemprop="itemreviewed"><data:post.title></data:post.title></span>
    • Simpan Template.
  7. Agar panduan cara membuat & menampilkan rating bintang di Google ini berhasil. Lakukan verifikasi penulis blog (author) ke akun Google Plus anda, dengan cara berikut ini
    • Masuk ke akun Google Plus anda.
    • Klik menu Edit Profil yang ada disebelah atas.
    • Klik menu Kontributor Untuk yang ada disebelah bawah.
      Cara Membuat & Menampilkan Rating Bintang Di Google
    • Klik tambahkan tautan khusus.
    • Isikan label dengan judul blog anda.
    • Isikan url dengan url blog anda.
    • Simpan
    • Klik Pengeditan Selesai.
  8. Langkah terakhir, kunjungi http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets untuk mengetahui berhasil tidaknya cara membuat & menampilkan rating bintang di Google ini.
    • Isikan url dari link artikel blog anda
    • Jika berhasil, maka akan seperti gambar berikut ini
      Cara Membuat & Menampilkan Rating Bintang Di Google<
Selesai, terimakasih telah membaca artikel cara membuat & menampilkan rating bintang di Google ini. Semoga bermanfaat, jika ada kesalahan, silahkan tinggalkan komentar di cara membuat & menampilkan rating bintang di Google

Cara Membuat & Menampilkan Rating Bintang Di Google Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ana Sriwahyuni

145 komentar:

  1. waaw, keren nih ibu,.
    ternyata suka blogger juga..
    thank tutorialnya..

    BalasHapus
  2. @apkanddroid hanya mengaplikasikan yang saya punya saja,, makasih ya atas kunjungan serta komentarnya, salam kenal..

    BalasHapus
  3. kunjungan silaturahmi,, salam kenal,, bu,

    BalasHapus
  4. @New Satelit makasi ya atas kunjungannya, salam kenal balik...

    BalasHapus
  5. wah.. lengkap sekali mbak,, terima kasih...

    BalasHapus
  6. @Jembersantri sama-sama n makasih juga atas kunjungan dan komentarnya...

    BalasHapus
  7. top markotop... jarang nih blogger cewek

    BalasHapus
  8. @naruto makasi ya atas kunjungan dan komentarnya,,

    BalasHapus
  9. Ratingnya kok g muncul ya?cuma authornya yang muncul.

    BalasHapus
  10. @Jonh Devata saya melihat ada 2 link meta author di template smpyan (blog toko online)
    <link href='https://plus.google.com/103102621030830753958' rel='author'/>
    <link href='https://plus.google.com/103102621030830753958' rel='publisher'/>
    coba yang author dihapus, sy pernah pake 2 spt itu tp stlah dihapus yg author, bintangnya keluar

    BalasHapus
  11. pengen pasang tapi puyeng caranya takut jadi error templatenya

    BalasHapus
  12. Terima kasih nanti ane coba dulu, semoga berhasil

    BalasHapus
  13. @letisha hehee dicoba dulu sis
    makasi ya atas komen n kunjungannya..

    BalasHapus
  14. @kabupatenmagetan.com silahkan, semoga bermanfaat
    makasi atas komen n kunjungannya,,

    BalasHapus
  15. Thankz da share.
    Ntr mw coba ah.
    #salam blogger

    BalasHapus
  16. @adi saputra doankzz salam blogger, silahkan mas Saputra, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  17. makasi infonya mba!! saya sudah coba.. tapi ko bintangnya nda muncul!!!
    saya juga sudah cobain jawban dari Jonh "Devata" tapi tetap nda mau muncul...
    mohon solusinya mba...

    BalasHapus
  18. Terimah kasih Banyak sang Admin sangat bermanfaat untuk saya Pribadi saya datang dari pencarian di google dan terdampar di blog ini, Totorial yang sangat mudah dipahami dan saya sukses melakukannya moga blog ini akan menjadi blog totorial next generation off all blogger indonesia yang mau menulis dan mencipatakan konten yang berguna bagi yang membutuhkan. kapan saya akan kembali lagi ke blog anda membaca dan menantikan Postingan anda yang lebih menarik lagi.

    BalasHapus
  19. @Blog Personal sama-sama semoga blog dan artikel ini memberikan manfaat dan terimakasih juga atas kunjungan serta komentarnya ya.. salam kenal

    BalasHapus
  20. @AFIQ HAFIZ okey nanti akan saya update cara yang linnya ya,,

    BalasHapus
  21. saya pengin komen seperti punya mbak ada gambar dan replay trus mbak ksih penilaian blog saya dan saran yang bagus buat blog saya biar kliatan lebih bagus mbak trim's O...YA mbak blog saya http://ahmadirwan61.blogspot.com

    BalasHapus
  22. @Ahmad Irwan akan saya update di artikel berikutnya mas...
    untuk blognya sudah bagus mas Ahmad dan butuh sedikit perbaikan agar lebih bagus lagi, usahakan untuk blog dengan topik berita gunakan template yang multi kolom saja..
    makasih atas kunjungan serta komentarnya

    BalasHapus
  23. Ilmu baru buat saya sob. Thanks banget atas penjelasannya :)

    BalasHapus
  24. @AyikSVB terimakasih juga atas kunjungan serta komennya, semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah, it's work for my blog. terima kasih banyak

    BalasHapus
  26. @Suryono Se alhamdulillah, makasi mas, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah.. berhasil.. mekasih atas tutorial ini :)

    BalasHapus
  28. @Haz Issac amin... makasih juga mas Issac atas kunjungannya

    BalasHapus
  29. Kok punya saya nggak keluar bintang nya ya?

    terus ada tulisan merah lagi bunyinya :

    Warning: Missing required field "updated".
    Warning: Missing required hCard "author"

    gimana solusinya ya ? makasih

    BalasHapus
  30. @dhwan Warning: Missing required field "updated".
    sudahkah melakukan poin yang ke 5?

    Warning: Missing required hCard "author"
    bukan dibawah </head> tapi dibawah <head>

    silahkan dicoba lagi mas, semoga berhasil

    BalasHapus
  31. sudah, tapi masih saja ketika di tes rich snippet nya pada extracted structure data
    di bagian bawah hatoom feed muncul itu (dua warning)

    BalasHapus
  32. @dhwan hmmmm bingung jg nyari letak kesalahannya,, coba di cek lagi mas urut-urutannya..

    BalasHapus
  33. terimakasih buat infonya,,,yang buat wordpress aca gak? thanks

    BalasHapus
  34. @rumah2hijau untuk wordpress.com saya tidak tahu tapi kalau menggunakan domain dan hosting sendiri, anda bisa menggunakan plugin

    BalasHapus
  35. Terimakasih sekali telah berbagi langkah2nya. Sangat membantu sekali. Oiya, hanya sekedar mengingatkan, di poin ke 6 ada kode "span" belum ikut diwarnai biru. Jika ada pembaca yang kurang teliti dan tidak menyertakannya nanti kode nya bisa jadi error. Terimakasih.

    Salam Sukses!

    BalasHapus
  36. @Link Building SEO Blog terimakasih banyak atas koreksinya, sangat membantu sekali dan sudah saya edit,, semoga sukses juga untuk anda, amin..

    BalasHapus
  37. terima kasih infonya mbak.. dengan senang hati saya berkunjung ke blog ini.. nice posting...

    BalasHapus
  38. terimakasih. sudah saya coba dan work 100%.
    namun apa salah ya bila di home page di sitelink saya ada rating bintang nya ? jadi tidak hanya di post

    BalasHapus
  39. Mksh bu, tutorialnya... tp pnya saya gk bisa tampil ya di pencarian google. lo pada tool snippets bisa.... knpa ya... bu,..
    mhon pncerahannya... terima kasih

    BalasHapus
  40. makasih tutorialnya, tp bintangnya kok ga muncul ya..

    BalasHapus
  41. @Jeremy Lombogia tidak salah, malah itu lebih bagus juga..

    BalasHapus
  42. @kepenakwae silahkan di cek lagi mas urut-urutannya dan perintah yang ada di tool snipetsnya, kalau belum bisa biasanya pemasangan author dan publisher, ganti author k publisher..

    BalasHapus
  43. @Ajang Misteri bisa kok, ini saya ganti template dan mengulang pemasangan rating bintang ini, masih bisa.. silahkan di coba lagi ya...

    BalasHapus
  44. @virga virdata bisa kok, ini saya ganti template dan mengulang pemasangan rating bintang ini, masih bisa.. silahkan di coba lagi ya...

    BalasHapus
  45. Walaupun saya hanya mengambil sebagian code, karena mising, tp tetap saya sangat berterimakasih kepada anda karena anda sudah mau berbagi :)

    kalau ada sumur diladang, saya mandi lagi, kalau ada umur panjang nanti saya datang lagi.

    Terimakasih atas semuanya, ditunggu kritik dan sarannya buat blog saya :)

    BalasHapus
  46. @M. Sofyan Daud okey, silahkan mas,, blog kulinernya oke banget..

    BalasHapus
  47. @ana sriwahyuni terimakasih sudah mengunjungi blog saya, apakah ada masukan dari ibu Sriwahyuni mengenai blog saya??

    oh ia ibu sriwahyuni ada tips yang jitu tidak buat daftar adsense???

    BalasHapus
  48. @M. Sofyan Daud secara keseluruhan blognya sangat bagus mas, tetap 1 topik..
    kalau untuk adsense saya tidak tahu mas, karena tidak pernah belajar tentang adsense..

    BalasHapus
  49. Oh gitu ia bu, ok deh bu kalau gitu terimakasih rekomendasinya, untuk adsensenya tidak apa2 bu santai saja, sekarang juga blog saya lagi dilamarkan ke gogol ia sambil nunggu persetujuan sambil cari informasi lebih lengkap lagi tentang adsense :)

    sekali lagi saya mengucapkan terimakasih ia bu atas sarannya....

    BalasHapus
  50. Thanksss Bu, Work Di Blog Saya.
    http://blogdwikyjp.blogspot.com

    BalasHapus
  51. gan..artikelnya..udah saya coba dan hasilnya OK
    thanks y

    BalasHapus
  52. mantep infonya gan.kebetulan klien ane minta dimunculi juga ratingnya.ane gak tau mangkanya search di google dan untung nemu caranya.

    Thanks gan

    BalasHapus
  53. lha punya saya langkah ke 4 Cari kode "body"...kok nggak ada kodenya mbak, suwun.

    BalasHapus
  54. kereeeen nambah ilmu lagi nih
    kunjungi juga yah http://armansyah1412.blogspot.com/

    BalasHapus
  55. ASSALAMU'ALAIKUM...MAKASIH BANYAK MBAK ATAS INFO NYA..SALAM KENAL..

    BalasHapus
  56. jadi fungsinya buat narik pengunjung pas buka search engine ya gan?

    Coba ah...
    thanks gan..

    BalasHapus
  57. @cerita dewasa abegetua alhamdulillah, terimakasih telah berhasil menerapkan panduan ini..

    BalasHapus
  58. @Jasa SEO Murah alhamdulillah, sama-sama ya, semoga sukses dengan usahanya, amin

    BalasHapus
  59. @Dwiky J Perwira oke mas Dwi, terimakasih ya telah mencoba panduan ini..

    BalasHapus
  60. @Yonni Herunanto kok bisa mas Yonni, padahal kode Body itu adalah kode utama yang harus ada di sebuah template blog, pasti ada mas, coba cari kodenya seperti ini
    <body bla.. bla..> jika memang kode <body> tidak ada

    BalasHapus
  61. @Arman Syah alhamdulillah semoga bermanfaat mas Arman...

    BalasHapus
  62. @MUTIA waalaikumsalam mbak Mutia, makasih juga buat anda atas kehadirannya diblog saya ini,, salam kenal balik..

    BalasHapus
  63. @Agus kompac silahkan mas Agus, semoga sukses selalu untuk anda..

    BalasHapus
  64. @Shigemitsu bagian terkecil dari itu, tapi faktor utamanya juga banyak :)

    BalasHapus
  65. Bermanfaat bangetss Bu,, makasihh yaaa

    BalasHapus
  66. berhasil gan,.

    makasih ya gan :D

    BalasHapus
  67. sudah dipasang namun belum keluar juga
    banyak versinya :D

    BalasHapus
  68. Wah Sangat Menarik..! Kalau rating bintang dipasang pada website wordpress bisa apa tidak ya bu..? Mohon Bantuannya - Terima Kasih

    BalasHapus
  69. di coba dulu ah siapa tau berhasil .....

    BalasHapus
  70. punyaku gak bisa padahal udah ikuti step by step

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di coba lagi, mungkin ada yang belum diterapkan..

      Hapus
  71. Mantap tutorialnya, sudah saya terapkan nih...
    kira-kira punya saya benar nggak ya, mohon di koreksi...

    BalasHapus
  72. Mbak ana. . Saya mau tanya nih, toturial itu apa juga bisa digunakan untuk wordpress apa tdk ya? Mohon pencerahannya.. Trmksh banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanyan untuk blogspot saja mas, kalau untuk WP setahu saya sudah ada pluginnya, lebih simpel

      Hapus
  73. terimakasih atas infonya, senang bisa mengunjungi blog anda, nice post

    BalasHapus
  74. sungguh tulisan yang sangat menambah info dan pengetahuan, terimakasih bnyak yah, salam kenal. thaks

    BalasHapus
  75. Makasih nih Infonya Gan,,

    Kunjungi juga Blog saya www.indonesianeaglefire.blogspot.com

    BalasHapus
  76. makasi gan atas tutorial'y....ane berhasil!!!....
    klu ada wktu mampir ke blog ane gan

    BalasHapus
  77. kode body gak ktemu mbak, gimana tu?

    BalasHapus
  78. cool topic and well written article, I really like your site and will be reading it a lot more!

    BalasHapus
  79. artikelnya bermanfaat.
    ditunggu kunjungan balikny ya :D

    BalasHapus
  80. terima kasih bund, saya sudah coba tapi bintang2 nya ga muncul ya??

    artikel bermanfaat nih.

    BalasHapus
  81. Berhasil langsung deh 100%... Hahaha terima kasih ya bu, mba, tante... Salut banget sama ibu/mba/tante yang udah bikin tutorial ini, jarang banget saya ngeliat ada blogger perempuan. Salam Kenal :) Terima Kasih atas tutorialnya

    BalasHapus
  82. terima ksih sobb mantabb banget nihh

    BalasHapus

  83. mampir juga ke blog ane http://cybercomunitiy.blogspot.com/

    BalasHapus
  84. thanks gan infonya sangat bermnafaat
    jangan follow dan comment jga blog saya di
    http://tuju13.blogspot.com/

    BalasHapus
  85. nah ini yang saya cari ,kunjungi balik dan komentari balik ya faisyalcool.blogspot.com

    BalasHapus
  86. mumet bu,,,kayaknya sudah benar,tapi gak muncul2

    ok deh bu,,salam sukses aja

    BalasHapus
  87. Awalnya gagal ... kagak muncul ratingnya ...
    ternyata naruhnya kode-nya pada bagian yg paling bawahnya ternyata ... (ane, ada 3 tag-nya)

    Thnx bro ... ane berhasil ...

    BalasHapus
  88. berhasil sih...
    tapi bacaanya muncul setelah "read more", biasanya ga muncul.
    sudah di utak atik nyimpen kodenya tetep aja, apa ada yang salah ya?!!

    mksih mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. read more? artikel diatas tidak ada hubungannya dengan read more..
      atau mungkin letak kodenya yang keliru..

      Hapus
  89. wah ,, berhasil ,,, makasih yah mbak ... ,,,
    kalo bisa lain waktu di kasih yg ada gambarnya juga saat terindex di mesin pencarian ,, tidak hanya bintang saja .. :D

    siiphh deh nih tutorial :)

    BalasHapus
  90. gak muncul mbak,
    yang muncul malah poto profil google+ saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara pada artikel ini masih bekerja dengan baik mas Djoko, foto yang tampil memang dari google+ atau foto profil blogger..

      Hapus
    2. dari google+, tp sudah sukses mbak, thax infonya (y)

      Hapus
  91. Ternyata ada trik nya juga untuk di pasang kirain rating bintang hadiah dari google heeee makasih infonya

    BalasHapus
  92. kalau google plusnya errorr gmana ya? punyaku gak lagi gak bisa di gunakan account google+nya

    BalasHapus
  93. nice gan infonya
    ijin sedot

    BalasHapus
  94. nice info

    kunjungi balik sob www.blog-akihiko.blogspot.com

    BalasHapus
  95. bagaima untuk yang memuncul kan author pada di search google

    BalasHapus
  96. kagak bisa bozz
    kasih saranyanya di sini

    http://freetbisnis.blogspot.com/

    BalasHapus
  97. terima kasih atas ulasan nya sangat bermanfaat dan sangat membantu,,

    BalasHapus
  98. pengen nyoba tapi panjang juga yah kode nya ntar malah error template nya, maklum newbie ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi fitur tersebut sudah tidak berguna lagi :)
      makasih ya atas kunjungan serta komentarnya, semoga laris manis dengan jualannya,, :)

      Hapus
    2. hah? udah nggak bisa lagi gitu maksudnya? ;p
      kalo mau bikin struktur data ada panduan artikelnya gak? XD

      Hapus
    3. saya sudah mencoba untuk blog saya yang baru, sepertinya sudah tidak bisa..
      maksudnya struktur data yang seperti apa??

      Hapus
  99. Bintang nya masih muncul tuh di google, mantabb mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah sampai saat ini masih muncul mas, tapi bukan karena panduan yang saya buat, kalau dulu iya saat menggunakan template sendiri, tapi sekarang sudah otomatis karena template blog ini :0

      Hapus
  100. gan maksudnya "Expand Template Widget" itu gimana.? tolong dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Expand Template Widget sudah tidak ada sekarang mas.. untuk mencari kode gunakan saja CTRL + F pada keyboard.. :)

      Hapus
  101. wah kelihatannya rumit sekali mbak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang sedikit rumit mas, tapi kalau dicoba bisa memberikan sebuah pelajaran bagi kita :)

      Hapus
  102. Terima kasih atas ilmunya mbak..
    punya saya setelah di cek di google ngak muncul bintangnya..
    mohon pencerahannya mbak.. terima kasih ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya cek menggunakan google rich snippet sudah muncul mas, kalau dilihat di pencarian Google memang belum muncul, coba untuk beberapa artikel blognya di optimasi dulu mas agar bisa muncul di halaman depan Google, saya cek artikelnya untuk judul "Umroh Reguler By Mihin Lanka Desember 2014" belum ada di halaman depan Google
      Jika di google richsnippet muncul, seharusnya di google search jg muncul...

      Hapus
  103. mantap banget artikelnya gan...
    thanks dah berbagi

    BalasHapus
  104. Artikel nya sangat berbobot bu.
    Saya memeliki template yang seo friendly dan lengkap dengan rating bintang.
    Tapi alangkah lesu saya ketika search engine tidak menampilkan Rating padahal di http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets ada.
    silahkan di cek bu http://www.mhb.web.id/2014/05/jual-script-dan-pembuatan-website-iklan.html
    Mohon solusinya bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rating sekarang tidak terlalu berpengaruh mas, kalau menurut saya hanya sebagai aksesoris saja

      Hapus
  105. Apakah dengan cara menarapkan ini terpengaruh besar di search engine ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada pengaruhnya mas hanya sebagai aksesoris saja :)

      Hapus
  106. Sebenarnya sih kalo bintang-bintang kayak gituan lebih baik ditaruh di website yang suka ngereview2 barang

    BalasHapus
  107. Balasan
    1. kalau untuk wp yang self-hosting pasti bisa karena ada plugin yang mendukungnya :)
      kalau untuk yang wp subdomain, seperti masih belum..

      Hapus
  108. Thankz om...ane berhasil!!..thankz tutornya om........
    silahkan mampir ditunggu komentarnya setelah ane berhasil praktein tutor yg om berikan di atas!!.. Mansion Community

    BalasHapus

Demi kenyamanan bersama, tidak boleh memasang link dalam bentuk apapun, komentar yang berisi link tidak akan diterbitkan
Terimakasih

Direktori

direktori weblogger
Direktori WeBlog Indonesia