Jumat, 08 Februari 2013

Cara Mengetahui Kode Template Blog

Cara Mengetahui Kode Template Blog - Setiap template blog ada yang memiliki kode-kode yang berbeda dengan kode template yang lainnya. Sehingga setiap kita ingin mengedit atau menambahkan sesuatu kedalam template maka kita harus mengetahui kode template blog tersebut dan dengan mengetahui kode template blog ini maka dengan mudah kita menemukan kode tersebut didalam kotak pencarian kode template.

Selain itu, tentunya dalam mengedit template juga akan lebih mudah dilakukan tanpa mengalami kesalahan. Itulah mengapa setiap saya membuat panduan atau cara mengedit template blog tidak pernah menuliskan Update Terlebih Dahulu Template karena selain sudah mengetahui letak kode template yang di edit juga karena adanya menu Preview yang berguna untuk mengetahui benar salah kode template yang di edit tersebut

Cara mengetahui kode template blog ini juga sangat bermanfaat dan membantu kita dalam menginginkan sesuatu tampilan yang ada di blog orang lain. Misalnya ada tampilan yang sangat menarik di blog orang lain dan tentunya anda akan bertanya "wah tampilan di sidebar blog ini keren banget.. gimana cara bikinnya ya?" atau "wah tampilan di footer blog ini keren banget.. pake kode apa ya?" atau tampilan-tampilan lainnya yang lebih keren lagi... Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikelnya di Cara Mengambil dan Menyalin Kode Template Blog

Dalam menerapkan cara mengetahui kode template blog ini yang harus pertama kali disiapkan adalah Browser yang anda gunakan karena cara emnegtahui kode template blog ini berbeda dari setiap masing-masing browser dan tentunya browser yang anda gunakan harus telah terupdate pada versi terakhir. Dan pada artikel ini, saya hanya menjelaskan 3 browser utama yang banyak digunakan saat ini yaitu Firefox, Chrome, dan Opera

Cara Mengetahui Kode Template Blog Menggunakan Firefox
  1. Buka blog anda atau salah satu artikel di blog anda
  2. Klik kanan pada area blog atau artikel di blog anda, sehingga muncul tampilan gambar seperti berikut ini

    Cara Mengetahui Kode Template Blog


    Cara Mengetahui Kode Template Blog
  3. Pilih menu Inspect Elemen, sehingga akan muncul menu bar dibagian bawah seperti gambar berikut ini

    Cara Mengetahui Kode Template Blog
  4. Klik tombol Inspect Element seperti yang ditandai pada panah di gambar berikut ini

    Cara Mengetahui Kode Template Blog


    Cara Mengetahui Kode Template Blog
  5. Bawa kursor mouse ke bagian elemen untuk mengetahui kode template blog anda atau orang lain. Sehingga akan terlihat kode yang terdapat pada elemen tersebut. Untuk contoh cara mengetahui kode template blog telah saya buatkan seperti yang ada dibawah ini namun tidak semuanya. Selebihnya silahkan lakukan sendiri

    Contoh: kode header-outer

    Cara Mengetahui Kode Template Blog

    Contoh: kode main-wrapper

    Cara Mengetahui Kode Template Blog

    Contoh: kode sidebar

    Cara Mengetahui Kode Template Blog
  6. Selesai
  7. Cara Mengetahui Kode Template Blog Menggunakan Chrome
  8. Cara Mengetahui Kode Template Blog Menggunakan Opera
Jadi, dengan melakukan cara mengetahui kode template blog seperti yang telah saya jelaskan diatas maka akan lebih mudah bagi anda untuk mencari dan mengedit kode template blog anda. Awalnya saya ingin membuat video panduan tentang cara mengetahui kode template blog ini tapi karena koneksi tidak memungkinkan, untuk sementara videonya saya pending dulu. Sekian, terimakasih telah membaca cara mengetahui kode template blog

Cara Mengetahui Kode Template Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ana Sriwahyuni

18 komentar:

  1. Thanks Atas Penjelasanya BTW Kalau Di WP gimana Cara Mengetahuinya ?

    BalasHapus
  2. @Hasbi Htc wah terimakasih mas Hasbi telah berkunjung serta berkomentar d blog sy ini
    untuk d WP cara hampir sama saja mas, tapi perlu membuka kode link CSS untuk melihat kode tersebut. sedangkan untuk kode HTML hampir sama

    BalasHapus
  3. Makasih untuk tutorialnya :)
    Boleh minta kode CSS untuk halaman/page yang dibawah postingan blog untuk blogspot?

    Contohnya seperti ini :
    Halaman (1) (2) (3) ... (15) ... (30) >> Akhir.

    Saya cari-cari belum ketemu. Makasih Admin.

    BalasHapus
  4. Nice inpo mbakyu!
    Terus ane mau nanya, klo sudah tau element/kode javescript/template nya habis itu mau dipraktekan ke blog sendiri gimana caranya mbak?

    Newbie saya mbak.

    BalasHapus
  5. Terimakasih kak, saya jadi mengerti sekarang :)

    BalasHapus
  6. wah sangat membantu sekali buat newbie seperti saya ii, maksih atas tutorialnya mas.

    BalasHapus
  7. bagus mas, tp paling gampang klik F12...

    BalasHapus
  8. saya mohon bantuannya..,kenapa widget yg ada di sidebar saya bisa di hapus tapi tidak bisa di save, dan saya juga tidak bisa buat widget baru karena tidak mau di save. http://saungmeer.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas Amir atas komentarnya, untuk permasalahan tersebut, saya sudah membuatkan artikelnya di panduantemplateblog.com/2014/01/kenapa-widget-blog-tidak-tampil.html semoga terbantu :)

      Hapus
  9. Bu Ana Sriwahyuni tolong dibantu di edit HTML blog saya tidak ada pilihan "tambah gadget/widget",apa sebabnya ya bu, sehingga saya tidak bisa membuat iklan, mohon petunjuknya ya bu. Terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan jadikan saya admin blognya mas Purba

      Hapus
    2. Mau tanya, mbak. Apakah cara ini bisa melihat kode skrip blog secara lengkap atau sesuai dengan cara melihat kode HTML lewat edit template ?

      Hapus
    3. kalau untuk kode CSS dan javascript tentu bisa dan sesuai dengan kode template yang terlihat pada Edit HTML tapi untuk kode HTML sudah tidak bisa karena sudah terurai sesuai dengan fungsinya

      Hapus

Demi kenyamanan bersama, tidak boleh memasang link dalam bentuk apapun, komentar yang berisi link tidak akan diterbitkan
Terimakasih

Direktori

direktori weblogger
Direktori WeBlog Indonesia