Sabtu, 27 Juni 2015

Cara Menemukan Kumpulan Ide Menulis Artikel Blog Secara Mudah dan Original

Didalam melakukan aktivitas sebagai seorang blogger hampir semua blogger-blogger baru kesulitan dalam menulis artikel blog secara mudah dan original. Rata-rata mereka bingung, apa yang harus saya isi setelah saya memiliki blog? Pernyataan dan pertanyaan-pertanyaan seperti itu saya dapatkan dari beberapa teman blogger yang meminta saya membuatkan sebuah blog untuk mereka namun setelah blog saya buatkan mereka akhirnya bingung dengan blog yang telah mereka miliki dan ujung-ujungnya percakapan antara saya dan mereka pun berlanjut dan dengan sabar hati saya memberikan dan mengajarkan ilmu ngeblog saya kepada mereka khususnya dalam membuat atau menulis artikel, memasang gambar blog kedalam artikel, memasang link, menulis artikel yang baik dan pengenalan beberapa menu yang ada didalam kolom Entri seperti Label, Tautan Permanen, dan Deskripsi. Selain itu saya juga memberikan satu contoh artikel agar bisa ditiru dan dikembangkan menjadi artikel yang lebih baik. Selang beberapa hari, setelah saya pantau kembali blog tersebut, ternyata masih ada satu artikel di blog tersebut atau 2 artikel dengan yang saya buat dan beberapa hari setelahnya blog tersebut masih belum produktif dalam mengupdate artikel blognya :(

Cara Menemukan Kumpulan Ide Menulis Artikel Blog Secara Mudah dan Original

Karena penasaran apa yang terjadi dengan blog tersebut, saya coba menghubungi si Admin blog melalui Google HangOut dan bertanya kenapa belum menulis artikel terbaru untuk blognya? Usut punya usut ternyata si Admin bingung mau di isi dengan artikel apa blog tersebut dan dia pun bertanya cara menemukan ide menulis artikel blog itu bagaimana? Ternyata apa yang saya tulis diatas memang seperti itu lah kejadiannya khususnya bagi teman-teman blogger yang benar-benar masih baru kenal dengan dunia blogging, mereka benar-benar butuh bimbingan kita dalam membuat blog, mereka butuh pengetahuan dari kita yang sudah berpengalaman dalam dunia blogging. Dan tentunya dari kita yang sudah berpengalaman ini bisa menjadikan mereka sebagai seorang blogger yang baik dan juga bisa peduli dengan blogger-blogger yang lainnya yang nantinya suatu saat akan butuh mereka. Salah satu contoh yang coba saya terapkan agar suatu saat mereka bisa menjadi blogger yang baik adalah dengan cara membuat dan menulis artikel yang baik dan original yang benar-benar hasil dari ketikan tangan mereka sendiri, bukan dari hasil klik mouse disana-sini yang sangat mudah dilakukan. Dan kalau pun terpaksa untuk menggunakan mouse dalam menulis artikel, saya hanya bisa memberikan saran kalau cara-cara seperti itu adalah cara yang mudah dilakukan akan tetapi sangat merugikan banyak blogger, baik si pemilik artikel atau pun si pembaca artikel dan ujung-ujungnya merugikan diri-sendiri dan blog yang dimiliki. Untuk itulah hal terpenting yang pertama kali saya tekankan kepada teman-teman blogger yang telah mau menerima bimbingan saya adalah jangan sekali-kali menyalin artikel orang lain, apapun alasannya karena hal itu sama dengan mencuri hak milik orang lain dan jika ketahuan makan cap sebagai tukang copas akan tersemat dalam diri kalian

Okey, cerita atau ulasan diatas adalah bagian dari aktivitas saya sebagai blogger, selain membuat blog untuk diri sendiri, mengurusnya dan mengembangkannya seperti Panduan Template Blog ini meski sudah bukan milik saya, saya juga membuka diri bagi siapa saja yang ingin belajar membuat blog secara gratis kepada saya, khususnya blog di Blogspot.com sampai benar-benar bisa bahkan berhasil menghasilkan dari blognya tersebut. Dan sayangnya cerita itu sudah usang dan itu dulu ketika saya benar-benar masih aktif menjadi seorang blogger, ketika saya masih dengan senang hati membantu teman-teman blogger semua, kalau untuk saat ini saya sudah tidak bisa karena sudah lebih fokus ke keluarga

Namun apapun itu, selagi saya masih ada waktu untuk menulis di blog ini, saya akan menulis segala sesuatu yang berhubungan dengan blog seperti pada artikel ini, Bagaimana cara menemukan ide dalam menulis artikel blog secara mudah dan original? Jika artikel menjadi masalah utama dalam melakukan update blog maka setelah membaca artikel ini, saya jamin teman-teman blogger khususnya yang masih baru tidak akan lagi kesulitan dalam membuat dan menulis artikel karena hal itu sebenarnya sangat mudah dilakukan dan benar-benar mudah. Dan saya membagi 2 cara dalam menemukan ide dalam menulis artikel blog yaitu:
  1. Minat/Hobby/Kesenangan/Aktivitas/Lingkungan
    Simpel saja, apa minat, hobby, kesenangan dan aktivitas yang ada pada diri kalian? Jika minat anda tentang makanan maka anda bisa membuat blog dengan topik Makanan dan bisa membuat artikel tentang makanan disana. Jika minat anda tentang olahraga, jalan-jalan, tidur, mancing, bermain Game, ngumpulin benda-benda unik, dan sebagainya maka semua itu bisa dijadikan topik dan artikel untuk blog
    Begitu juga dengan hobby, kesenangan, aktivias dan lingkungan. Semua bisa dijadikan topik dan artikel untuk blog anda secara mudah dan artikel yang dihasilkan merupakan hasil karya tangan kita sendiri. Khusus untuk lingkungan, topik bisa bisa diperoleh dari dimana anda tinggal, dimana anda bekerja, apa saja yang ada disekitar anda, dan sebagainya bisa dijadikan artikel untuk blog anda
  2. Artikel Private Label Right
    Artikel Private Label Right adalah sebuah produk yang berisi beberapa artikel yang sudah jadi dan siap digunakan secara mudah, baik itu digunakan sebagai artikel blog atau tulisan lainnya. Dan biasanya Artikel Private Label Right digunakan untuk mengisi artikel blog! Artikel Private Label Right atau yang disingkat dengan artikel PLR benar-benar sangat mudah digunakan dan mudah didapatkan secara gratis dan juga berbayar. Namun meski sangat mudah didapat dan mudah digunakan namun juga ada ketentuan khusus dalam penggunaannya. Biasanya setiap produk yang berlabel PLR baik itu gratis atau berbayar akan terdapat ketentuan seperti berikut ini;
    • Anda dapat menambahkan artikel atau konten ke sebuah ebook atau produk yang Anda berencana untuk menjual atau memberikan untuk penggunaan individu
    • Anda dapat memodifikasi konten (dengan menghapus, menambahkan atau mengedit kata-kata) yang sesuai dengan kebutuhan Anda
    • Anda dapat menggunakan konten dalam situs Anda, blog, newsletter atau di mana pun Anda mempublikasikan konten
    • Anda dapat mendistribusikan konten tanpa merubah isi
    • Anda dapat membundel konten menjadi ebook, produk atau bonus bagi pelanggan Anda
    • Anda dapat menambahkan link afiliasi Anda, link produk, Adsense dan kode iklan lainnya
    • Anda dapat menambahkan nama Anda sebagai penulis
    • Anda dapat memberikan artikel untuk afiliasi Anda untuk mempublikasikan dengan tujuan mempromosikan produk Anda
    • Anda tidak dapat menjual ulang produk ini..
Banyak poin penting yang bisa didapat dari produk-produk PLR ini khususnya artikel, dengan menggunakan produk PLR maka kita juga akan lebih mudah menulis artikel blog sesuai dengan topik atau pun berbagai macam topik
Karena hampir semua artikel PLR isinya menggunakan bahasa Inggris maka untuk menggunakannya kita harus merubah terlebih dahulu dengan cara mentranslate artikle yang ada didalam produk PLR tersebut. Berikut cara menggunakan Artikel PLR sebagai artikel blog;
  1. Sebelumnya menggunakan artikel PLR, tentukan dulu topik blog anda. Misalkan topik blognya adalah "Makanan dan Kesehatan", maka kita harus mencari Artikel PLR dengan kata kunci Kesehatan dan karena bahasa artikel PLR adalah bahasa Inggris maka kata kuncinya adalah "Health Food"
  2. Untuk mencari kata kunci artikel PLR dengan keywords Health Food maka contohnya adalah mengetikkan "free health food articles plr"
  3. Ada sekitar 90.000 kata kunci dari beberapa blog yang menggunakan kata kunci tersebut. Silahkan dicoba, dilihat, dan didownload produknya
  4. Setelah didownload, buka filenya dan anda akan menemukan beberapa file dalam format notepad. Buka salah satu file tersebut yang sekiranya akan dijadikan artikel blog
  5. Setelah dibuka, karena bahasa artikelnya adalah Inggris, silahkan translate atau terjemahkan terlebih dahulu dengan menggunakan Google Translate
  6. Setelah ditranslate.. Maka artikel blog sudah hampir siap. Ingat, setelah ditranslate, artikel yang sudah jadi masih belum siap tapi harus dilihat dulu dari hasil translatean tersebut karena saya yakin tata bahasanya masih acak-acakan. Untuk itu, edit terlebih dahulu artikel tersebut
  7. Dalam melakukan pengeditan ini harus dilakukan secara manual agar hasilnya benar-benar bagus dan original
  8. Artikel siap dimasukkan kedalam blog untuk dipublikasikan
Memang jika hanya membaca artikel ini akan sangat merepotkan, tapi jika langsung diaplikasikan maka hasilnya akan mudah terlihat dan lama-lama kelamaan anda tidak perlu lagi yang namanya hobby, minat atau yang lainnya untuk membuat sebuah artikel yang unik tapi cukup menggunakan artikel PLR siap saji yang akan membantu anda

Bagaimana mudah bukan cara menemukan ide menulis artikel original? Silahkan dipilih, berasal dari kebiasaan atau artikel PLR untuk mengisi atau melakukan update blog anda. Sekedar bocoran, jika anda ingin membangun blog untuk bisnis adsense, maka menggunakan artikel PLR sangat membantu anda ddalam membuat 5 - 10 artikel dalam 3 jam! Cobalah..

Cara Menemukan Kumpulan Ide Menulis Artikel Blog Secara Mudah dan Original Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ana Sriwahyuni

28 komentar:

  1. PERTAMAX NI

    Kalau saya sih menemukan kumpulan ide dengan hoby, dan membaca -baca mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas Ibra.. yang paling utama dalam membuat artikel adalah menuangkan hobby kita kedalam artikel blog..

      Hapus
    2. Masalah nulis di blog asal sopan , hajar saja mbak?

      Hapus
    3. saya juga setuju harus sopan dan jangan pakai tulisan alay kasihan nanti yang baca :D haha

      Hapus
    4. yang baca bisa-bisa ikutan alay juga loh.. :D

      Hapus
  2. kalau saya dapat inspirasi nulis dari pengalaman pribadi mba, misalkan saya membuat widget di blog dan berhasil saya jadikan artikel . selain itu saya biasanya blogwalking buat cari inspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas betul tuch.. saya pun juga demikian tapi kalau sudah zonk.. blogwalking cara terbaik juga :)

      Hapus
  3. Kalau untuk blog pribadi asal tulis saja mbak, biasanya berdasarkan pengalaman pribadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas.. di blog gado-gado saya juga seperti itu, apa saja ditulis... :) yang penting masih bisa bermanfaat bagi yang membacanya..

      Hapus
  4. wah enak banget nih, jadi inspirasi baru lagi nih buat saya bisa dengan mudah menemukan ide baru untuk membuat artikel dan niche khusus, makasih sharingnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas Pur.. semakin banyak koleksinya semakin bagus.. :)

      Hapus
  5. mantap banget mbak, jadi bangkit kembali ide dan inspirasi buat nulis nih..

    BalasHapus
  6. sekedar berbagi juga : kalau saya dapat ide ketika mendapat sebuah pengalaman yg mungkin menarik untuk di share atau ketika saya membaca berita baru. saya seringkali membaca berita. referensinya dri berita tersebut namun kata katanya diisi oleh kita sendiri. karena tulisan sendiri akan lebih menarik dan membuat kita bangga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betl sekali mas selain itu mengunakan kata-kata sendiri membuat kita terhindar dari plagiarisme .. :D

      Hapus
    2. setuju banget.. artikel pun jadi lebih unik juga :)

      Hapus
  7. sekarang juga lagi tertarik buat blog lagi khusus untuk promosi produk dari afiliasi yang saya ikutin

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah menggunakan PLR bisa jadi solusi tuch mas buat artikelnya :)

      Hapus
  8. Terima kasih untuk tips-tipsnya mbak. Namanya juga manusia yah kalau mau apa-apa tergantung mood-moodan kalau lagi mood bagus menulis pun akan giat sampai bisa menghasilkan 2-3 artikel dan sebaliknya kalau lagi mood jelek hanya blogwalking aja sampai selesai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa.. aku banget tuch mbak.. bener.. sejak blog ini pindah pemilik,, entah kemana pemiliknya.. kok gak update2 artikel sama sekali... jadi kasihan sama blog ini.. artikel blog ini pun jarang update.. :(

      Hapus
  9. sepertinya lebih praktis menggunakan PLR dan produktif dg karya artikel.. menarik untuk dipraktekin

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas.. silahkan dipraktekin.. jangan sampai gak lulus prakteknya ya.. :0

      Hapus
  10. Ide yang cemerlang, memang ide itu ada dimana saja dan kapan saja asal kita bisa mengolah dan memfilternya pasti bisa tertuang menjadi tulisan.

    Artikel yang saya buat biasanya berdasarkan target pasar hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah tertarget seperti itu, hasilnya akan lebih mantabs mas.. :)

      Hapus
  11. Kalau saya sering sekali mentok saat mau buat artikel, namun ketika saya blogwalking tiba-tiba aja bisa muncul ide, Untuk PLR sangat menarik tuh untuk dipraktekkin.

    BalasHapus
  12. terima kasih atas share infonya, sangat bermamfaat..

    BalasHapus

Demi kenyamanan bersama, tidak boleh memasang link dalam bentuk apapun, komentar yang berisi link tidak akan diterbitkan
Terimakasih

Direktori

direktori weblogger
Direktori WeBlog Indonesia