Kamis, 02 Mei 2013

Mengatasi Error Kode Template di Edit HTML Baru

Mengatasi Error Kode Template di Edit HTML Baru - Pernahkan anda mengalami kesalahan saat melakukan editing pada kode template? Dan setiap kesalahan tersebut akan diberi peringatan oleh Blogger dengan memberitahukan secara langsung kode yang salah tersebut yaitu dengan mengeluarkan pernyataan seperti contoh berikut ini ;

Kesalahan saat mengurai XML, baris 1619, kolom 31: The element type "div" must be terminated by the matching end-tag "</div>"

Dengan adanya pemberitahuan tersebut, seharusnya kita akan lebih mudah mengetahuinya dan mengatasinya dengan baik. Namun kenyataannya tidak demikian, karena pemberitahuan yang muncul tersebut kadang sedikit membingungkan bahkan sangat membingungkan. Dan untuk itulah saya membuat artikel Mengatasi Error Kode Template di Edit Menu Baru ini agar permasalahan-permasalahan dalam melakukan editing kode template lebih mudah dilakukan.


Sebagai manusia, kita tidak pernah luput dari kesalahan dan kekeliruan begitu juga sebagai Blogger, karena Blogger juga manusia :) Dalam melakukan editing kode template, kadang kita dibuat kesal karena kode-kode yang menurut kita sudah benar terpasang namun masih saja gagal saat dijalankan, apalagi setelah Blogger memperbaharui tampilan menu Edit Html yang menurut saya lebih menguntungkan dan memudahkan dalam melakukan editing kode template karena menu Edit HTML tersebut lebih responsive dari pada sebelumnya.

Saat melakukan editing, karena sudah yakin benar dengan kode yang di edit tersebut kita tentu langsung melakukan penyimpanan terhadap kode template yang telah di edit tersebut. Namun kita tidak menyangka ternyata kode yang kita edit mengalami kesalahan karena adanya kode-kode yang belum terpasang secara utuh sehingga muncul pemberitahuan seperti contoh berikut ini

Kesalahan saat mengurai XML, baris 1619, kolom 31: The element type "div" must be terminated by the matching end-tag "</div>"

Jika ada pemberitahuan seperti ini maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah MEMAHAMI maksud dari pemberitahuan tersebut.

Seperti yang saya contohkan, maksud dari pemberitahuan tersebut adalah Elemen dari DIV tidak memiliki kode penutup yatiu </div> yang ada pada baris ke 1619 dan kolom ke 31. Disinilah kemudahan dalam editing kode template itu terlihat karena sudah ada penomoran untuk setiap kode-kode yang ada di template blog anda. Sekarang kita lihat baris ke 1619 dan kolom ke 31, ternyata kolom dan baris tersebut dimiliki oleh penutup kode BODY dan HTML (pada template blog saya) yaitu </body></html>! Loh kenapa kolom dan baris kode </body></html> yang dituju? Padahal kode yang di edit atau yang ditambahkan sebelumnya tidak berada pada kolom dan baris tersebut. Karena kode yang di edit tersebut berada didalam kode <html><body> dan </body></html> sehingga Blogger langsung mengarahkan pada kolom dan baris tersebut. dan disinilah kita harus jeli dan teliti! Jika anda mengikuti apa yang terdapat pada pemberitahuan tersebut yaitu kurangnya kode penutup <div> dan menambahkan kode </div> sebelum kode </body></html> maka saya yakin tampilan blog anda akan amburadul!

So, langkah selanjutnya apa? Kita harus tetap mengikuti apa yang telah diberitahukan yaitu menambahkan kode </div> pada tempat dan letak yang sebenarnya buka pada baris dan kolom yang dituju. Dan disinilah satu lagi kemudahan dari menu Edit HTML baru ini yaitu dimana kita mengedit atau menambahkan kode dalam template, tempat dan letak kita mengedit kode template tersebut akan tetap tampil.

Contoh:


 <div id='header-wrapper'>
    <div id='header'>
     .....
     .....
       </div> <!-- penutup kode id header -->

  <div id='menu-horizontal'>
   <div class='menu'>
   <ul><li><a href='http://panduantemplateblog.blogxpot.com'>Home</a></li>
   <li><a href='http://panduantemplateblog.blogxpot.com'>Menu 1</a></li>
   <li><a href='http://panduantemplateblog.blogxpot.com'>Menu 2</a></li></ul>
    </div>   <!-- penutup kode id menu-horizontal -->
             <!-- penutup kode class id menu tidak ada -->

      </div>  <!-- penutup kode id header-wrapper -->

Jika kita sedang menambahkan kode seperti diatas, maka tampilan kode tersebut akan tetap tampil dan tidak akan berpindah pada awal atau akhir dari kode template meskipun ada pemberitahuan akan kesalahan dari kode yang kita edit.
Jadi, solusi terakhirnya adalah kita harus tetap berada pada kode-kode yang kita tambahkan dan menambahkan kode-kode yang kurang atau tidak ada seperti yang diberitahukan.

Bagaimana? Masih bingung dengan error kode template yang terjadi di tampilan menu Edit HTML baru? Atau tambah bingung dengan membaca artikel mengatasi error kode template di Edit HTML baru ini? :) Jika iya, silahkan tinggalkan komentar anda untuk artikel ini, mengatasi error kode template di Edit HTML baru

Mengatasi Error Kode Template di Edit HTML Baru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ana Sriwahyuni

50 komentar:

  1. jadi kalau sedah tahu kodenya gmana lgi gan

    BalasHapus
  2. DOWNLOAD IDM LATEST VERSION 6.16 WITH 1 YEAR SERIAL KEY 50% INCREASE IN DOWNLOADING SPEED DOWNLOAD FREE FROM HERE-->>> www.icoregames.blogspot.com

    DOWLOAD WIN 7 AND WIN 8 ACTIVATED SETUPS FULL VERSIONS DOWNLOAD FREE FROM HERE-->>> www.buzzergames.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Kalau kaya gini gimana thu gan?
    "Kesalahan saat mengurai XML, baris 2089, kolom 6: XML document structures must start and end within the same entity"

    http://informasi-teknologi-jaringan.blogspot.com

    BalasHapus
  4. teria kasih infonya sangat membantu sekali buat pemula seperti saya.

    BalasHapus
  5. terimakasih atas semua infonya min...sangat membantu nih cuma ada yang kurang yaitu mengenai 'header-wrapper'
    karena pada tampilan edit html baru ini saya tidak menemukan kode wrapper yang ada hanya kode header saja, jadi saya kebingungan saat mau menempatkan kode pengganti mau di taruh di mana...terimakasih sebelumnya, salam bloger..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode header-wrapper merupakan bagian terluar dari kode header, atau pembungkus header, jika header-wrapper tidak ada kemungkinan ada nama lain seperti header-outer atau untuk mengetahui kode terluar dari header blog Anda silahkan gunakan caranya di panduantemplateblog.com/2013/02/cara-mengetahui-kode-template-blog.html

      Hapus
  6. Waduh, mas, bisa dibantu gak, blog saya jadi berantakan nih gara-gara ada yang salah saat kutak-katik HTML. pad sata amu ngesave html, ada pemberitahuan "Kesalahan saat mengurai XML, baris 3, kolom 2: The markup in the document preceding the root element must be well-formed.

    Blog saya jadi begindang..foto-2nya awuta-awutan...hiks....

    http://ekafikry.blogspot.com/2013/11/seni-sebuah-radio.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah lihat blognya mbak Eka, tidak ada yang awut-awutan dengan fotonya, kemungkinan hanya masalah penulisan dalam artikel saja.. coba diatur ulang penulisan untuk gambarnya..

      Hapus
    2. Iya, mbak.. itu karena sdh dibenahi oleh teman saya. Sebelumnya, foto-fotonya pada keluar jalur semua,,duh...panik tingkat tinggi. Ketika mbak Ana melihatnya, mungkin itu sdh beres, hehehe.. Saya jadi kapok utak atik html lagi....

      Hapus
  7. kode "div" ny kemana harus saya letakkan? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. letakkan sesuai dengan penutup dari kode tersebut

      Hapus
  8. saya kan menghapus beberapa kode html
    muncul seperti yang kk jelaskan
    minta infonya gmn cara menghapus beberapa kode html dan tidak eror

    BalasHapus
  9. permisi numpang promosi yang download software mampir ke
    softwar3kitabersama.blogspot.com/

    BalasHapus
  10. Mau tanya nih mbak,. Template saya bagian penutup <*/body> dan <*/HTML> selalu berwarna merah, namun tidak ada pesan kesalahan,. bagaimana cara agar warna merah menjadi hijau. trus apa pengaruhnya terhadap tampilan blog ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ada kode yang tidak ditutup dengan benar Kang Ruddin, coba ditelusuri, biasanya antara kode <b:includable> ... </b:includable> atau ada kode script yang tidak bisa terbaca oleh editor Blogger (maaf baru bales)

      Hapus
  11. Maksud dari ' XML document structures must start and end within the same entity ' itu apa? mohon dibantu ya... Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus diawali dan ditutup dengan kode yang sama, misalnya <div> dengan </div>

      Hapus
    2. itu kode awalnya kita lhat dmna yah?

      Hapus
  12. makasih makasih mas brow
    mencerahakan edit html ku
    bangeeet







    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama makasih juga ya... bukan mas brow loh ya.. :)

      Hapus
  13. maaf mbak saya mau tanya soal blog versi mobile saya, ketika saya buka via hp itu wiedgetnya jd numpuk dengan postingan,misalkan widget translete jd ada di tenganh postingan, itu kenapa ya mbak? mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau boleh tahu alamat blognya apa ya Kang Nday?

      Hapus
  14. kebetulan blognya udah sy hapus mbak krn sy kesel blognya berantakan...banyak tutorial yg sy temukan tp kode2 css maupun htmlnya gada yg sm dgn tampilan css n html blog sy padahal yg sy pake itu template yg sederhana bawaan dr bloger akhirnya sy jd menerka2 untuk memasang kode2 dr tutorial itu dan hasilnya sangat mengecewakan alias berantakan..nanti sy akan cb bikin lg mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terkadang template blog bawaan blogger memiliki kode yang berbeda dengan template yang sudah di kustom mas. lebih baik diteliti dulu kodenya :)

      Hapus
    2. terkadang template blog bawaan blogger memiliki kode yang berbeda dengan template yang sudah di kustom mas. lebih baik diteliti dulu kodenya :)

      Hapus
  15. mba aku masih bingung sumpah ,, itu yg harus di copas agar gg eror yg man ??

    BalasHapus
  16. Cara membuat blog qt kembali ke posisi default sebelum di modif gmana mba? Keseringan otak atik jd banyak error. Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan gunakan cara berikut ini mas
      Template >> Edit HTML >> Kembalikan template widget ke defalut (ada di pojok kanan atas)
      lihat ss berikut http://prntscr.com/3jsp1u

      jika tidak berhasil
      lebih baik diganti dengan template yang sama saja mas

      Hapus
  17. waduh mas mohon di bantu dong mas saya udah beberapa kali ngotak atik kode HTML blogspot yg buat nambahin menu bar pada blog saya tapi kenapa selalu kayak gini yah pemberitahuannya
    'Kesalahan saat mengurai XML, baris 1038, kolom 3: The element type "li" must be terminated by the matching end-tag "". '

    mohon di bales yah soalnya saya pemula untuk otak atik HTML CODE BLOGSPOT

    BalasHapus
  18. ini maksudnya gimana yah mbak?
    'Kesalahan saat mengurai XML, baris 1039, kolom 1: The value of attribute "class" associated with an element type "div" must not contain the '<' character.'
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah lihat blognya mas, sepertinya sudah tidak ada kode error yang muncul

      Hapus
    2. kalo ini gimana mbak? mohon bimbingannya

      "Kesalahan saat mengurai XML, baris 741, kolom 5: The element type "meta" must be terminated by the matching end-tag "/meta".

      Hapus
    3. berarti kode penutupnya kurang mas..

      <meta content='noindex,nofollow' name='robots'> <--- penulisan salah

      <meta content='noindex,nofollow' name='robots'/> <--- penulisan benar

      Hapus
  19. biasanya prase yang error berwarna merah, mohon pencerahannya untuk arti warna yang lain seperti hijau, biru, orange dll pada edit template blogger

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau warna seperti itu saya masih belum tahu,, nanti akan saya cari dulu ya.. :)

      Hapus
  20. terima kasih banyak, artikelnya sangat membantu sekali

    BalasHapus
  21. gan kalau caranya nambah sub pada sub katagori menubar gimana gan? mumet gan ^^"

    BalasHapus
  22. mbak, cek juga dong blog saya :D
    ada pesannya begini mbak Kesalahan saat mengurai XML, baris 269, kolom 2: The markup in the document following the root element must be well-formed.
    tolong ya mbak, makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada pesan yang tampil di halaman depan blognya Kang Ucup, berarti kesahalan terdapat didalam templatenya Kang

      Hapus
  23. Invalid data reference post.url: No dictionary named: 'post' in: ['blog', 'skin', 'view']

    numpang nanya, klo kayak begini bagaimana ngatasinya ya? setiap membuka "Tata letak" mohon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan infonya ada di link ini mas Nafis http://www.panduantemplateblog.com/2014/04/memahami-kode-template-error-unknown-no.html

      Hapus
  24. mbak kok pas saya mau edit html tulisan yang didalam templatenya kok bisa kosong gitu ya cuma ada titik2 sebelah kiri, trus kalo misalnya saya copy template blog baru dari akun yang sama apa gak masalah? mohon penjelasaannya

    BalasHapus
  25. Terima kasih atas solusinya, meskipun contoh permasalahan di artikel ini tidak 100% sama dengan yang saya alami, tapi sangat membantu gan..
    Ini permasalahan yang saya alami
    (The element type "meta" must be terminated by the matching end-tag "")

    Tapi sudah terselesaikan, terima kasih gan
    Sukses buat blog ini

    BalasHapus
  26. tanya donk mba lagi mau ganti templete tp ga mau save karena ada error begini Kesalahan saat mengurai XML, baris 2260, kolom 3: The element type "ul" must be terminated by the matching end-tag , ini di baris kedua terakhi kode html

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode <ul> tidak ditutup dengan benar mbak..

      <ul>
      ....
      ....
      </ul>

      Hapus
  27. Kesalahan saat mengurai XML, baris 487, kolom 76: XML document structures must start and end within the same entity.

    mbak klw yg ini.? ini kode terakhir pada blognya

    BalasHapus
  28. kalo kyk gini gimana ya ? pusing dengan script -_-"
    >> Kesalahan saat mengurai XML, baris 850, kolom 3: The element type "li" must be terminated by the matching end-tag "".
    maksud nya apa yaa ?? thx before

    BalasHapus
  29. Kesalahan saat mengurai XML, baris 1221, kolom 13: Open quote is expected for attribute "{1}" associated with an element type "href"
    itu bagaimana ? mohon secepatrnya di balas :D trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti ada yang kurang dengan penggunaan tanda " di baris tersebut

      Hapus

Demi kenyamanan bersama, tidak boleh memasang link dalam bentuk apapun, komentar yang berisi link tidak akan diterbitkan
Terimakasih

Direktori

direktori weblogger
Direktori WeBlog Indonesia